15.12.14

Dari Investigasi, Jadilah Artikel

Lima tulisan terbaik dapat dilihat dibagian bawah artikel ini



Bermula dari tugas Mulok (Muatan Lokal), para siswa belajar melakukan investigasi lapangan dengan teknik observasi dan wawancara, sampai pada bagaimana menyusun hasil investigasi menjadi sebuah artikel yang menarik.
Itulah yang dilakukan siswa SMAN Madani khususnya kelas XII IPA 3.
Bagaimana ceritanya Mulok bisa belajar menulis artikel?
Sejak tiga tahun terakhir, Mulok SMAN Madani diarahkan pada pengenalan Penelitian Dasar dan Akutansi. Untuk siswa kelas X mendapat bimbingan Mulok Penelitian Dasar 1, Kelas XI belajar Mulok Akutansi, dan siswa kelas XII melanjutkan Mulok Penelitian Dasar 2.
Khusus Mulok Penelitian Dasar, siswa kelas X diperkenalkan bagaimana menyusun proposal penelitian, tehnik pengambilan data, tehnik pengolahan data, sampai bagaimana menyusun laporan penelitian.
Kelihatannya berat, tapi sesungguhnya materi yang dipelajari masih sangat sederhana dan disesuaikan dengan tingkat berpikir siswa SMA. Ketika mereka duduk di kelas akhir, mereka kembali mendalami materi Penelitian Dasar.
Saya diserahi tanggungjawab mengampu Mulok di kelas XII IPA 3. Sebagai fasilitator, saya memberikan pendalaman bagaimana cara melakukan investigasi melalui teknik observasi dan wawancara. Hasil investigasi tidak dibuat dalam format laporan penelitian sebagaimana biasanya, tetapi diramu  menjadi sebuah artikel yang menarik.
Hasilnya? Sebanyak 30 artikel telah berada dihadapan saya. Satu per satu artikel yang bertema “Jam Kosong” itu saya baca dengan cermat untuk diberi skor. Dari sekian banyak artikel yang masuk, saya memilih lima artikel “terbaik” untuk diposting di blog saya sebagai bentuk apresiasi saya atas usaha dan kerja keras mereka.
Selain mendapat skor tertinggi, tiga dari lima penulis artikel “terbaik” tersebut mendapat “bonus” khusus dari saya. Lima artikel yang masuk kategori “terbaik” dapat dilihat dengan mengklik kata “lihat” dibawah ini.
Baca Pengumuman 5 Artikel “terbaik” Lihat

Tidak ada komentar:

Posting Komentar