4.8.11

SMAN Madani Gelar SIAR dan Buka Puasa Bersama

SMAN Madani Palu menggelar berbagai kegiatan untuk menyemarakan ramadhan kali ini. Geliat aktifitas yang bernuasa islami diprakarsai oleh OSIS dengan melaksanakan SIAR (Studi Islam Awal Ramadhan), Tadarrusan dan Buka Puasa Bersama serta Taraweh. Kegiatan menyemarakan ramadhan digelar di Masjid sekolah selama empat hari yakni dari tanggal 2 s.d 5 Agustus 2011.

Maksud dilaksanakan SIAR agar siswa semakin mendalami agama sehingga dapat membendung paham kebebasan tanpa batas yang belakangan ini mulai marak di kalangan remaja.
“SIAR rutin dilakukan setiap awal ramadhan dan merupakan kegiatan rutin pembinaan keagamaan siswa,” kata Kartini guru Pendidikan Agama Islam SMAN Madani di sela-sela berlangsungnya kegiatan SIAR. Setiap siswa diberikan bekal tentang pendidikan agama yang berhubungan dengan ramadhan seperti Ibadah Praktis dan Amalan di Bulan Ramadhan. Materi terapan ini diharapkan dapat mengisi kekosongan yang belum diajarkan di sekolah. Selain materi yang berhubungan dengan Ramadhan, siswa diberi materi tambahan tentang psikologi remaja. Sementara para pemateri yang menyampaikan tauziah adalah mereka sangat memahami ilmu agama.

Aktifitas Buka Puasa Bersama tidak kalah serunya dengan SIAR. Buka Puasa yang dilaksanakan selama empat hari sesuai jadwal pelaksanaan SIAR diikuti oleh seluruh siswa SMAN Madani secara bergiliran. Pada hari pertama diikuti oleh  siswa peserta SIAR dan pengurus OSIS. Hari kedua dan ketiga giliran siswa kelas XI dan XII. Pada hari terakhir buka puasa bersama dilanjutkan dengan shalat taraweh secara berjamaah yang juga dihadiri oleh keluarga besar SMAN Madani.
“Kegiatan buka puasa bersama bertujuan untuk menjalin keakraban dan tali silaturrahim antara sesama siswa dan seluruh keluarga besar SMAN Madani,” terang Sakinatul Qulub, Ketua Panitia kegiatan ramadhan di SMAN Madani.

Pastinya semua siswa yang terlibat dalam kegiatan ini dapat memaknai Ramadan tahun ini. Meskipun aktifitas menyemarakan ramadhan di SMAN Madani hanya empat hari, tapi semarak ramadhan tetap bergema dihati kita. Waktu luang selama liburan bisa digunakan untuk memaksimalkan ibadah dan seabrek kegiatan positif lainnya.
Selamat menunaikan ibadah puasa dan tetap semangat!!

1 komentar: