10.10.10

MEMBANGKITKAN ATMOSFIR PENELITIAN DI SEKOLAH

Pameran Poster OPSI 2010 utusan dari Provinsi Bali
OPSI adalah kegiatan berskala nasional yang sangat penting dan bergengsi karena orientasinya sampai ketingkat internasional. Siswa yang menang dalam lomba ini akan diikutsertakan dalam ajang penelitian tingkat dunia, seperti ICYS (International Conference of Young Scientist). Melihat pentingnya kegiatan ini maka Kementerian Pendidikan Nasional melalui Direktorat Pembinaan SMA, Dirjen Manajemen Pendidikan Dasar dan Menengah terus melakukan perbaikan dari tahun ke tahun baik manajemen maupun dari sisi teknis pelaksanaanya. Bidang yang dilombakan bukan hanya sains dasar (fisika, biologi, kimia, matematika) dan sains terapan (komputer, pertanian, ekologi, lingkungan) yang biasa dilombakan pada tahun-tahun sebelumnya tapi menca kup bidang humaniora (sosial, budaya, bahasa). Sehingga dengan cakupan yang luas ini siswa memiliki banyak pilihan untuk menentukan bidang ilmu yang sesuai dengan bakat dan minatnya.

Kepala Seksi Bakat dan Prestasi Suharlan, SH, MH disela-sela technical meeting di Wisma Depsos bahwa melalui pelaksanaan OPSI ini diharapkan akan terbangun sistem bagaimana kultur dan budaya meneliti dapat berkembang di semua sekolah, baik negeri maupun swasta. Untuk dapat mengembangkan iklim penelitian dikalangan siswa itu berawal dari pembiasaan terus menjadi tradisi, dari tradisi menjadi kultur atau budaya. Terkait dengan itu melalui pelaksanaan OPSI ini diharapkan dapat membangkitkan atmosfer budaya meneliti di kalangan siswa.

Bagaimana dengan Provinsi Sulawesi Tengah? Kalau bicara tentang sistem tentu lingkupnya bukan hanya pihak sekolah yang terlibat. Dinas terkait seperti Dinas Pendidikan Kota Palu dan Dinas Pendidikan Daerah Provinsi memiliki andil besar untuk menggiatkan dan membangkitkan atmosfir penelitian dengan program pendidikan khususnya program pembinaan kreatifitas siswa. Menjalin kerja sama dengan pihak perguruan tinggi yang ada di daerah penting dilakukan untuk membantu pembinaan dibidang penelitian. Sulawesi Tengah yang kaya dengan potensi budaya dan sumber daya alamnya menjadi ladang inspirasi bagi siswa. Potensi tersebut dapat dijadikan sebagai bahan permasalahan yang perlu dikaji dan diteliti. Seperti yang diperlihatkan finalis asal Provinsi Bali pada pameran hasil penelitian di Kementerian Pendidikan Nasional Gedung A Senayan-Jakarta Selatan, kesembilan finalis OPSI 2010 yang berasal dari Provinsi ini mengangkat potensi sumber daya alam dan budaya mereka. Kita berharap sekolah-sekolah yang ada di wilayah Provinsi yang kita cintai ini terlahir bibit unggul yang berprestasi di bidang penelitian.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar